Blog berita terbaru terkini tentang handphone, software, dan trends terbaru lainnya di tahun 2016

Tips Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Artikel terkait : Tips Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa - Bau mulut yang tak sedap disaat puasa memang terkadang sangat mempengaruhi aktivitas keseharian. Bahkan , bisa membuat orang lain yang menjadi tidak nyaman ketika berinteraksi dengan kita. Dan akibatnya, kita menjadi tidak percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Saat puasa, banyak orang yang mengeluh tentang bau mulut yang tak sedap. Bau mulut memang bukanlah masalah penting, tapi ternyata banyak yang masih merasa frustasi karenanya. Bayangkan jika kamu sedang berkomunikasi dengan orang lain, tiba tiba orang tersebut menutup hidung karena merasa terganggu dengan bau mulut kamu, pastinya kamu akan merasa malu bukan?.

Perlu beberapa Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa yang mungkin bisa membantu kamu mengatasinya, dan kamu bisa kembali percaya diri untuk melakukan berbagai aktivitas selama bulan suci Ramadhan. Sebelumnya, kita lihat dulu beberapa hal penyebab timbulnya bau mulut tak sedap saat puasa.

Bau mulut yang tak sedap saat berpuasa disebabkan karena (1) didalam mulut kita terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut. (2) Ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap dimulut. (3) Penyebab lainnya juga bisa terjadi karena datang dari dalam tubuh, biasanya terjadi pada mereka yang mengidap penyakit diabetes atau maag.

Dibawah ini adalah tips efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya bau mulut yang tak sedap saat puasa. Lakukanlah dengan serius cara atasi bau mulut saat puasa dibawah ini:
  • Menggosok gigi dengan sempurna dan menggosok lidah, juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.
  • Gunakan obat kumur (mouthwash) untuk hasil mulut yang lebih bersih maksimal.
  • Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.
  • Kurangi merokok atau tidak samasekali merokok saat sahur dan berbuka. Tidak merokok juga berkonstribusi besar pada pengurangan bau mulut pada siang hari bulan puasa.
  • Meminum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, dapat membantu cegah bau mulut disiang hari. Karena air putih akan meningkatkan produksi saliva (air liur), sehingga mulut terjaga kebersihannya.
  • Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka akan mencegah bau mulut. teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan, meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan.
  • Hindari makanan berbau kurang sedap seperti petai, jengkol atau durian.
  • Gunakan benang gigi (dental Floss) untuk membersihkan sela-sela gigi dari makanan busuk yang menyebabkan bau mulut.
  • Konsultasikanlah ke dokter karena bau mulut juga bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh (maag), gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya, jika cara-cara diatas tidak dapat mengurangi bau mulut kamu.
Demikianlah beberapa tips sederhana tentang Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa yang mungkin bisa dibagikan ke teman teman yang juga mengalami masalah bau mulut di bulan suci Ramadhan ini. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga tips kali ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Artikel Terbaru 2016 Lainnya :

Copyright © 2015 Terbaru 2016 | Design by Bamz